Guinness World Records, mengukuhkan pemegang rekor jembatan terpanjang di dunia adalah Jembatan Jiaozhou Bay di Cina. Rekor sebelumnya untuk kategori jembatan di atas perairan adalah Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Dibandingkan dengan jembatan tersebut, jembatan yang baru diresmikan di China ini 4 kilometer lebih panjang
1. Jembatan Jiaozhou Bay China
Jembatan
terpanjang China kalahkan Lake Pontchartrain Causeway. China telah
membuka jembatan terpanjang di dunia yang melintasi laut. Jembatan itu,
diberi nama Jiaozhou Bay, memiliki panjang 42 kilometer. Ia
menghubungkan kota pelabuhan Qingdao yang ada di kawasan timur negeri
itu dengan pulau Huangdao. Menurut China Central Television, stasiun
televisi pemerintah China, jembatan dengan lebar 35 meter itu merupakan
jembatan terpanjang. Saat dibangun, proyek memakan biaya hingga di atas
US$1,5 miliar atau sekitar Rp12,8 triliun. Jembatan itu berhasil lolos
penilaian konstruksi pada Senin, 27 Juni lalu. Jembatan dan juga
terowongan bawah tanah segera dibuka untuk lalu-lintas kendaraan, sehari
setelahnya. Untuk dapat berdiri, Jiaozhou Bay ditopang oleh lebih dari
5.000 pilar. Adapun pengerjaan jembatan tersebut baru dapat dituntaskan
setelah 4 tahun pembangunan. Menurut catatan Guinness World Records,
pemegang rekor sebelumnya untuk kategori jembatan di atas perairan
adalah Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat.
Dibandingkan dengan jembatan tersebut, jembatan yang baru diresmikan di
China ini 4 kilometer lebih panjang
2. Lake pontchartrain, Panjang 38.420 M terdapat di Lousiana New Orleans, Amerika.

Lake
Pontchartrain Causeway, di Amerika, adalah sebuah jembatan panjang dan
terdiri dari dua jalur, yang dibangun diatas danau Pontchartrain,
Lousiana, Amerika Serikat, mempunyai panjang 38,4 Km, menghubungkan dua
buah kota besar di Amerika. Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan
kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota
Mandeville. Jembatan ini mulai dibangun sejak tahun 1948 dimana
teknologi pembuatan bangunan beton belum sebaik saat ini. Berawal dari
ide Bernard de Marigny, yang dikenal sebagai bapak pendiri kota
Mandeville. Ia menginginkan adanya sebuah jembatan yang dapat
mempermudah transportasi dari Mandeville ke New Orleans. Sebelum adanya
jembatan penghubung transportasi masal, baik orang maupun pengiriman
barang, dilakukan dengan menggunakan kapal ferry.
Dengan biaya sebesar 30,7 juta dollar, jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol. Penambahan panjang maupun pelebaran dilakukan beberapa kali hingga saat ini. Meskipun ada jembatan lain yang lebih panjang dibandingkan dengan Lake Pontchartrain Causeway, namun bagian yang benar-benar berfungsi sebagai ‘jembatan’ dalam arti menghubungkan dua daratan yang terpisah air, Lake Pontchartrain Causeway inilah yang terpanjang.
Dengan biaya sebesar 30,7 juta dollar, jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol. Penambahan panjang maupun pelebaran dilakukan beberapa kali hingga saat ini. Meskipun ada jembatan lain yang lebih panjang dibandingkan dengan Lake Pontchartrain Causeway, namun bagian yang benar-benar berfungsi sebagai ‘jembatan’ dalam arti menghubungkan dua daratan yang terpisah air, Lake Pontchartrain Causeway inilah yang terpanjang.
3.
Bridge donghai, Panjang 32.500 M, Jembatan terpanjang di Asia dan juga
jembatan terpanjang yang melintasi lautan, terletak di Shanghai China.

Jembatan
Donghai ((Tionghoa)) adalah jembatan laut terpanjang di dunia sampai
Jembatan Teluk Hangzhou dibuka pada 1 Mei 2008. Jembatan ini selesai
dibangun pada 10 Desember 2005. Mempunyai panjang 32,5 kilometer dan
menghubungkan Shanghai di daratan dan pelabuhan laut Yangshan di
Republik Rakyat Cina. Sebagian besar jembatan berupa viaduct. Juga
terdapat bagian jembatan kabel yang bisa dilalui kapal besar dibawahnya
dengan lebar 420 meter.
4. King Fahd Causeway, Panjang M, melintasi bendungan yang menghubungkan antara Saudi Arabia dan Bahrain.

Pada
26 November 1986, jalan lintas diresmikan oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz
dan Shaikh Salman bin Isa sebagai Raja Fahd Causeway. Diperkirakan
jumlah kendaraan yang menggunakan jalan lintas sekitar 45.000 pada hari
kerja dan sampai 60.000 pada akhir pekan. Jumlah wisatawan di jalan
lintas dari kedua negara pada tahun 2008 adalah 17,7 juta penumpang,
atau rata-rata 48.600 penumpang per hari. Proyek biaya total US $ 1,2
miliar ( SAR 3 miliar). Salah satu kontraktor utama proyek ini adalah
Ballast Nedam , yang berbasis di Belanda . Jalan empat jalur adalah 25
km (16 mil) panjang dan sekitar 23 m (75 kaki) lebar, dan dibangun
dengan menggunakan 350.000 m 2 (3.800.000
sq ft) dari beton bersama dengan 47.000 metrik ton dari diperkuat baja.
Jalan lintas ini dibangun dalam tiga segmen mulai dari Arab Saudi dari
Al-Aziziyyah, selatan Khobar , ke Stasiun Perbatasan, bagian ke dua dari
Stasiun Perbatasan untuk Nasan Pulau di Bahrain dan bagian terakhir
dari pulau ke pulau Nasan Al-Jasra, sebelah barat Manama , di pulau
utama Bahrain
5. Chesapeake Bay Bridge, Panjang 24.140 M, melintasi teluk Chesepake di Maryland Amerika.

Chesapeake
Bay Bridge adalah utama dual-rentang jembatan di AS negara dari
Maryland . Chesapeake Bay menghubungkan pedesaan negara Eastern Shore
wilayah dengan lebih urban Western Shore . Jembatan yang dibuka pada
1952 itu mempunyai panjang 4,3 mil (6,9 km), itu adalah terpanjang terus
menerus di dunia diatas air struktur baja. Jembatan paralel
ditambahkan pada tahun 1973 oleh William Preston Lane, Jr yang sedang
menjabat sebagai gubernur Maryland.
Jembatan
ini merupakan bagian dari US Rute 50 dan 301 , dan berfungsi sebagai
link penting di kedua rute. Sebagai bagian dari US Route 50, itu
menghubungkan Daerah Baltimore-Washington Metropolitan dengan Ocean
City, Maryland dan destinasi wisata pesisir. . Sebagai bagian dari US
Route 301, ia berfungsi sebagai bagian dari rute alternatif untuk
Interstate 95 wisatawan antara utara Delaware dan Washington, wilayah
DC. Karena hubungan ini, jembatan ini telah menjadi dikenal sebagai
titik kemacetan lalu lintas , khususnya selama jam puncak dan
bulan-bulan musim panas
6. Vasco da Gama bridge, Panjang 17.200 M, jembatan terpanjang di daratan Eropa yang melintasi sungai-sungai di kota Lisbon Purtugal
Vasco da Gama Bridge ( Ponte Vasco da Gama)
adalah jembatan kabel yang membentang Sungai Tagus dekat Lisbon ,
ibukota Portugal . Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Eropa
dengan total panjang 17,2 km (10,7 mil), termasuk 0,829 km (0,5 mil)
untuk jembatan utama, 11,5 km (7,1 mil) di viaducts, dan 4,8 km (3,0
mil) di jalan akses khusus. Tujuan pembuatan jembatan ini adalah untuk
mengurangi kemacetan di jembatan lain Lisbon ( 25 de Abril Bridge), dan
bergabung dengan jalan raya yang sebelumnya tidak berhubungan dengan
Lisbon. Jembatan ini dibuka untuk lalu lintas pada 29 Maret 1998, 18
bulan setelah konstruksi pertama dimulai. Pameran Dunia yang merayakan
ulang tahun ke 500 dari penemuan oleh Vasco da Gama dari rute laut dari
Eropa ke India .
7. Penang Bridge, Panjang 13.500 M, menghubungkan antara Pulau Penang dan daratan Malaysia.

Jembatan Penang (Jambatan Pulau Pinang )
adalah sebuah jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di
pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia. Jembatan ini juga
berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol
Jelutong di Bayan Lepas. Dia resmi dibuka pada 14 September 1985.
Panjang keseluruhan jembatan ini sekitar 13,5 km, membuat jembatan ini
salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan sebuah landmarknasional.
Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya
dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town.
Pengguna
jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu
membayar ketika meninggalkan pulau. Tarif sekali jalan adalah 5,6
Ringgit. Pada 2005 ada rencana untuk memperluas lajur dari 4 menjadi 6
untuk melayani lalu lintas yang meningkat.
8. Rio Bridge – Niteroi, Panjang 13.290 M, Menghubungkan kota Rio de Janeiro di Brazil dan Niteroi.

Rio-Niteroi
Bridge terletak di Teluk Guanabara , di Negara Bagian Rio de Janeiro
di Brasil. Jembaatan ini menghubungkan kota-kota Rio de Janeiro dan
kotaNiteroi . Saat ini terpanjang beton pratekan jembatan di belahan
bumi selatan , dan terpanjang ke tuhug di dunia. Saat pembangunannya
selesai pada tahun 1974 sampai tahun 1985 itu adalah jembatan terpanjang
kedua di dunia,
9. Union Bridge, Panjang 12.900 M, menghubungkan antara pulau Prince Edward dengan dataran New Brunswick di Kanada.

10. San Mateo – Bridge Hayoard, Panjang 11.265 M, melintasi teluk California, San Franscisco Amerika.


0 komentar:
Posting Komentar